UdinBlogss telah kembali dibuka. Demi membantu blog ini agar tetap hidup dimohon untuk mengeklik iklan. Terima kasih.

Rabu, 28 September 2011

Dampak Kecanduan Game Online Pada Pelajar





Mungkin dikalangan pelajar sekarang banyak yang sudah bermain game online. Ya, Game Online sekarang sedang 'ngetren' di kalangan anak pelajar hingga orang dewasa sekalupun. Bahkan seorang nenek-nenek di Cina ada yang kecanduan Game Online. Sebelum membahas lebih banyak tentang dampak game online,ada sebuah pertanyaan, apasih yang dimaksud dengan game online? menurut wikipedia game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.


Dari anak SD hingga kakek-nenek pun semua tahu tentang game online. Saya sering sekali melihat para pelajar setelah pulang sekolah berbondong-bondong menuju warnet hanya untuk sekedar bermain game online. Terutama pada saat hari libur, banyak anak-anak dari kalangan pelajar menuju warnet untuk bermain game online. Sebenarnya bermain game online tidak apa-apa, asalkan jangan sampai menjadi 'pecandu berat' game online. Sedikit cerita pribadi dari saya, saya mengenal game online saat saya masih duduk di kelas 1 smp,pada awalnya saya tidak terlalu sering bermain game online karena masih mengurusi blog dan prestasi saya di sekolah bisa dibilang lumayan, tapi setelah itu saya jadi sering bermain game online sehingga prestasi disekolah saya menurun, dan puncaknya di kelas 2 smp, prestasi saya merosot drastis hingga ada 2 mata pelajaran yang tidak tuntas. Naik ke kelas 3 smp saya mencoba mengurangi porsi bermain game online, alhasil prestasi saya disekolah mulai beranjak naik sedikit demi sedikit hingga akhirnya saya mendapatkan ranking walaupun nilai rata-rata ujian saya tidak bisa dibilang bagus.

Nah,dari pengalaman pribadi saya itu saya dapat menyimpulkan bahwa jika kita kecanduan bermain game online itu juga harus diimbangi dengan kecanduan belajar. Dengan mengimbangi bermain game online dengan belajar diharapkan prestasi siswa disekolah tidak mengalami penurunan sehingga siswa tidak kesulitan mengejar nilai di akhir semester yang akan menentukan naik tidaknya atau lulus tidaknya seorang siswa. Saya akan membeberkan beberapa dampak positif dan negatif bermain game online:

Dampak Positif:
1. Pelajar dapat menguasai komputer lebih lanjut
2. Dari game online ini dapat menambah teman mereka walaupun hanya didunia nyata maupun maya
3. Dengan bermain game online secara langsung ia dapat mengerti bahasa Inggris yang dipergunakan pada gamenya tak jarang mereka juga mesti mengartikan sendiri kata – kata yang mereka tidak ketahui

Dampak Negatif:

1. Pelajar yang bermain game online di warnet hanya menghambur – hamburkan waktu dan uang secara sia – sia
2. Terkadang lebih merelakan sekolahnya untuk bermain game online (bolos sekolah)
3. Dengan terlalu sering berhadapan dengan monitor secara mata telanjang dapat membuat mata nya menjadi minus , nyatanya umur mereka masih muda – muda

Nah demikian sedikit wacana dari saya tentang 'Dampak Kecanduan Game Online pada Pelajar'. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 komentar:

Poskan Komentar