UdinBlogss telah kembali dibuka. Demi membantu blog ini agar tetap hidup dimohon untuk mengeklik iklan. Terima kasih.

Jumat, 30 Desember 2011

Cara Menambah VRAM Windows 7

Sudah lama gak posting di blog ini karena kesibukan saya hehe. Nah posting kali ini saya akan share pengalaman saya bagaimana cara menambah VRAM Windows 7. Bagi anda yang sebelum menggunakan win 7 menggunakan windows xp atau vista lalu anda upgrade ke windows 7 kok VRAMnya berkurang sehingga tidak bisa memainkan game-game tertentu atau menjalankan software-software tertentu, jangan khawatir, karena saya akan memberikan solusinya.

Lalu bagaimana caranya? nah semua pasti sudah menunggu,oke akan saya mulai. Untuk pertama-tama cek dulu driver bawaaan windows 7 yang anda upgrade dari xp atau vista dengan cara klik ikon start --> tulis di searchbox dxdiag dan akan muncul gambar seperti di bawah ini:


nah setelah itu klik tab display lalu anda lihat Drivers

kalau anda lihat Driver Model, disebelahnya ada tulisan WDDM 1.1 nah itulah masalahnya. Driver WDDM 1.1 itulah yang mengurangi VRAM anda yang semula misalnya 126 mb menjadi 64 mb,sangat menyebalkan bukan? nah setelah itu anda close saja dxdiagnya.


Yang sekarang kita butuhkan adalah mengecek display adapters anda. Caranya buka control panel --> lalu klik system and security --> klik system lalu cari menu device manager dan klik.


lalu klik display adapters, nah disitu anda akan menemukan Driver anda misalnya saja punya saya adalah Mobile Intel(R) 965 Express Chipset Family (Microsoft Corporation - WDDM 1.1). Nah kita sudah menemukan drivernya sekarang adalah penyelesaiannya. 



1. Buka link ini http://downloadcenter.intel.com/

2. Lalu copy Driver anda tadi yang anda lihat di display adapters tadi tanpa menuliskan kata ini (Microsoft Corporation - WDDM 1.1)
3. Klik search 
4. Di menu Download Type anda klik Drivers lalu dimenu Select an Operating System anda pilih sistem operasi yang anda gunakan sebelum mengupgrade ke windows 7,misalnya saja saya sebelum menggunakan win 7 saya menggunakan windows vista home premium 32 bit,kalau mau lebih akurat di menu Products klik graphics dan di Product Line pilih laptop graphic(bila menggunakan laptop) atau dekstop graphic (bila menggunakan komputer) dan di product namenya cari cari sesuai driver anda.
5. Setelah itu akan muncul hasil pencarian sesuai dengan cara nomor 4 jika benar
6. nah disitu tinggal pilih salah satu dan download ke komputer/laptop (disarankan download yang versi zip agar tidak terinfeksi virus,tapi kalau gak mau ribet download versi exe aja)
7. Eits,bukan berarti selesai sampai disini aja masih ada satu langkah lagi yaitu instal driver yang didownload 


Nah saya akan jelaskan cara instal drivernya bagi yang belum tau:
1. Ekstrak file bagi yang mendownload versi zip jika mendownload versi exe tidak usah diekstrak wkwk
2. Eits,cara instalnya bukan diklik file exe(setup) nya, tapi dengan cara klik kanan pilih Troubleshoot Compatibility (Harap dicatat langkah nomer 2 ini,jangan diklik file exe nya ) 
3. Nah setelah klik Troubleshoot Compatibility klik Troubleshoot Program terus centang The Program worked in earlier versions of windows but won't install or run now 
4. Pilih versi sistem operasi sebelum anda upgrade ke windows 7,misalnya saya memilih windows vista service pack 1
5. Lalu klik start the program klik yes, lalu next hingga selesai dan restart komputer
6. Dan... windows 7 anda drivernya sudah berubah, bisa dicek di dxdiag 
7. Jika terjadi apa-apa bisa Post di Wall FB http://www.facebook.com/pages/Udin-Blogss/120087597833

Sekian dan terima kasih semoga anda sukses menjalankan langkah-langkah yang saya berikan 


186 komentar:

  1. display adapters saya ATI MOBILITY RADEON OM..trus saya harus gimana, tolong ya om..

    BalasHapus
  2. untuk download driver AMD bisa dicek link ini http://support.amd.com/us/gpudownload/Pages/index.aspx dan isikan sesuai dengan spesifikasi komputer/laptop anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi Gan..Ane berhasil nich!

      Hapus
    2. gmana caranya???? punya gw AMD Radeon HD 6310,gmna aza langkah2 nya????

      Hapus
    3. http://www.snutzhorizon.com/2012/03/cara-menambah-vram-windows-7.html Sama Banget Ni gan,, Trus YG bnr ni Artikel Punya sapa sih

      Hapus
  3. kronologisnya...
    saya ingin main game PES 2012 di laptop saya(Ram 2 GB), setelah saya instal...eh ternyata driver & vram-nya (unable) / tidak support...

    bagaimana caranya agar saya dapat memainkan game tersebut?
    haruskah saya mengupgrade Ram saya sampai 4 GB?

    mohon pencerahannya & berikan langkah-langkah yang tepat dan jelas atas kasus ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. install g1sl 2012 bung,, punya saya kayak gitu trus saya siasatin shingga bisa,,

      Hapus
  4. anda tidak perlu menambah RAM sampai 4 GB karena tidak berpengaruh terhadap penambahan VRAM. Sebelum menggunakan windows 7 anda menggunakan sistem operasi apa? dan anda pakai display adapters apa?

    BalasHapus
  5. ------------------
    System Information
    ------------------
    Time of this report: 1/7/2012, 10:35:42
    Machine name: TOSHIBA-PC
    Operating System: Windows 7 Starter 32-bit (6.1, Build 7601) Service Pack 1 (7601.win7sp1_rtm.101119-1850)
    Language: English (Regional Setting: English)
    System Manufacturer: TOSHIBA
    System Model: Satellite L645
    BIOS: InsydeH2O Version 2.30
    Processor: Intel(R) Core(TM) i5 CPU M 480 @ 2.67GHz (4 CPUs), ~2.7GHz
    Memory: 2048MB RAM
    Available OS Memory: 1910MB RAM
    Page File: 1067MB used, 2752MB available
    Windows Dir: C:\Windows
    DirectX Version: DirectX 11
    DX Setup Parameters: Not found
    User DPI Setting: Using System DPI
    System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
    DWM DPI Scaling: Disabled
    DxDiag Version: 6.01.7601.17514 32bit Unicode


    ---------------
    Display Devices
    ---------------
    Card name: Intel(R) HD Graphics
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip type: Intel(R) HD Graphics (Core i5)
    DAC type: Internal
    Device Key: Enum\PCI\VEN_8086&DEV_0046&SUBSYS_FDD01179&REV_02
    Display Memory: 762 MB
    Dedicated Memory: 64 MB
    Shared Memory: 698 MB
    Current Mode: 1366 x 768 (32 bit) (60Hz)
    Monitor Name: Generic PnP Monitor
    Monitor Model: unknown
    Monitor Id: LGD02AF
    Native Mode: 1366 x 768(p) (59.973Hz)
    Output Type: Internal
    Driver Name: igdumdx32.dll,igd10umd32.dll
    Driver File Version: 8.15.0010.2086 (English)
    Driver Version: 8.15.10.2086
    DDI Version: 10
    Driver Model: WDDM 1.1
    Driver Attributes: Final Retail
    Driver Date/Size: 2/20/2010 08:14:06, 564224 bytes
    WHQL Logo'd: n/a
    WHQL Date Stamp: n/a
    Device Identifier: {D7B78E66-4306-11CF-EF7A-DADDA2C2C535}
    Vendor ID: 0x8086
    Device ID: 0x0046
    SubSys ID: 0xFDD01179
    Revision ID: 0x0002
    Driver Strong Name: oem15.inf:Intel.Mfg:iILKM0E:8.15.10.2086:pci\ven_8086&dev_0046&subsys_fdd01179
    Rank Of Driver: 00E60001
    Video Accel: ModeMPEG2_A ModeMPEG2_C ModeWMV9_B ModeWMV9_C ModeVC1_B ModeVC1_C



    tolong ya dibantu cara-caranya agar saya dapat memainkan game tersebut,,,

    BalasHapus
  6. maaf, di adapter saya tertulis Intel hd graphic, bgaimana menyikapinya ?? tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nama driver anda berarti VGA (video Graphic Advance) HD Graphic bawaan pabrik laptop/PCnya, kalau anda beruntung anda dapat driver VGA ATI RADEON tipe (xxx) atau VGA AMD Athlon tipe (xxx), dan kalau anda memakai laptop untuk kerja atau memasukan data, driver ini tidaklah terlalu penting bagi anda, namun jika anda memakai laptop anda untuk bermain game atau membuat aplikasi 3D, driver ini sangat lah penting dan berharga ..

      nah kalau driver anda hanya VGA HD Graphic intel berarti laptop/PC anda kurang untuk mendukung game2 Microsoft seperti :
      1.Call of Duty 3/4/5 ..
      2.Crysis ..
      3.Resident Evil 5 ..
      4.PES 2012/FIFA 2012 ..
      5.Sniper Ghost Warrior 1/2
      6.Dead Island ..
      7.Dan Lain-lain ..

      jika anda adalah gamer dan game creator, saran saya sih ganti saja driver VGAnya dengan yg saya sebutkan di atas tadi atau jual dan ganti dengan spek laptop yg bagus .. yaah, tp koceknya juga ngga murah untuk merogoh driver2 tersebut ..

      atau ngga coba saja dengan mendownload aplikasi "GameBooster" atau "3D Analyzer", mungkin ini bisa membantu sedikit supaya anda bisa bermain game dengan spek system yg mendukung ..

      NB :
      "3D Analyzer" --> mengurangi effect gambar dan suara pada game yg akan di mainkan ..

      "GameBooster" --> mematikan system operasi yg tidak terlalu berpengaruh pada system dan mematikan system yg terlalu banyak memakan RAM pada laptop/PC anda saat anda akan bermain game ..

      Hapus
    2. Gan spek PC ane tuh ini :
      Proc : dual core 2.2GHz
      Ram : 2 gb
      VGA : Onboard

      tapi iu bisa buat game PES 2012
      tetapi kualitas graphicnya saya kurangi

      Hapus
  7. apa ga ada efek samping dengan laptopnya bro?
    trus klu smisal dari awal saya udah pake windows 7 gimana bro?
    apa bisa nanti setelah instal driver yg baru ini kita balik lagi instal driver yang sebelumnya?

    BalasHapus
  8. Setelah membuka link : http://downloadcenter.intel.com/
    terus bagaimana lagi ?? netbook saya HP Mini Intel atom ... Tolong bantuan nya om saya mau main PES 2011 nih tapi VRAM saya unable ...

    PLizz bantu saya om

    BalasHapus
  9. Setelah membuka Link : http://downloadcenter.intel.com/

    Lalu langkah apa lagi ..???
    Tolong kasih tau cara nya PLizz saya mau main game PES 2011 Nih ...
    Netbook saya HP Mini Intel atom ...
    RAM Nya udh OK
    VRAM nya unable ...

    Tolong pencerahannya maklum saya masih newbie ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibaca diatas,perlu diperdalam lagi membaca artikel saya,krn artikel saya menggunakan bhs yg tinggi

      Hapus
  10. untuk efek samping,dilaptop saya blm merasakannya,kalau sudah buka link coba ikuti langkah-langkah saya diatas. kalau semisal sudah menggunakan windows 7 asli dari laptopnya tdk bisa ditambah VRAMnya,kalau aslinya xp atau vista lalu diupgrade ke win 7 baru bisa menambah VRAM dengan cara saya

    BalasHapus
  11. Bro kg gk bisa di download ya, versi exe atau versi zip.nya, pdahal udah ku ikutin cara yang nomer 4 tpi tetep gk bisa,
    display adapter ku HD grapics family windows 7....

    BalasHapus
  12. Gan.. berarti gua download driver os sebelumnya ya????
    *sebelumnya gua pake XP

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap anda benar sekali,dengan begitu VRAM anda bisa naik yang semula 64mb di win 7 bisa dioptimalisasi menjadi 512mb,cukup banyak bukan?

      Hapus
  13. ohya..tanya lagi, gmn cara liat beda setelah instalas sama sebelum. karena gw dah ikuti lgkah diatas, tp wkt di lihat di Directx Diagnostic tools > Display >Driver Model masih WDDM 1.1
    Mohon pencerahan..
    Kalo buat GPU apa sama juga, bisa di upgrade gitu?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau GPU saya msh belum mendalaminya gan, kalau msh versi WDDM 1.1 itu artinya driver yg terinstal msh driver bawaan win 7. anda bisa download driver os sebelumnya.

      Hapus
  14. bro . . kok ane tetep aja y masih wddm 1.1. ? ane dah ikutin semua percis yang kaya om kasih tau ?? help om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya anda disuruh untuk mendownload driver sebelum win 7,jadi anda download driver win vista/xp.

      Hapus
  15. wah trmis kk atas info.y, bnar2 trasa !

    BalasHapus
  16. mas udin saya udah download yang intel HD grapich karna saya ,mencockan yang beliau bilang tpi tetap tdk bisa masih 64mb emang sih awalnya 126mb tolonng di perjelas dan bantuannya thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sebelum menggunakan win 7 anda menggunakan win vista/xp?kalau sblm menggunakan win 7 anda menggunakan vista/xp itu mungkin akan bekerja

      Hapus
  17. apa gak papa awalnya juga saya cuma install win 7??

    tapi saya pakenya vista?

    BalasHapus
  18. nah untuk yang belum bisa tolong diperdalam dalam membaca artikel saya,karena ini hanya berfungsi apabila laptop/pc anda sistem operasinya xp/vista yg kemudian anda upgrade ke win 7 dan VRAMnya turun. Yang semula di xp/vista VRAMnya semisal 126/252 mb kok turun pada saat gnti ke win 7 jadi 64 mb itu dikarenakan win 7 menggunakan VRAM yg bsr sesuai dengan grafik win 7 yg bagus. nah cara mengatasinya bisa dilihat di atas dengan mendownload driver versi lama yang sesuai dengan seri driver anda.Intinya anda diharuskan untuk mendownload driver versi lama agar VRAM anda bisa bertambah. Saya sudah merasakan khasiatnya. Semula saya main PES 2012 cuma bisa low dg 128 mb VRAM,namun stlh saya download versi lama maka sayapun bisa memainkan PES 2012 dengan high quality dg VRAM 512mb.

    BalasHapus
  19. maap gan! ko pas mau start program di langkah yang ke 5 ada tulisan "this computer does not meet requirements for instaling this software" kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah mungkin anda salah download type adaptersnya gan,coba diliat dulu type adaptersnya gan. dicocokin dulu. diteliti lebih dalam jgn sampai ada yg salah 1 pun atau hasilnya akan gagal juga.

      Hapus
  20. gan maap nanya lagi! ane udah succes ko nambah VRAM nya! cuman ane punya beberapa kendala nih seperti windows media player nya ko jadi ga jalan ya? kalo mo nonton video malah jadi stuck! kepaksa harus restart lagi! apa efek sampingnya gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah selama ini saya blm pernah mengalami stuck,windows media player saya lancar-lancar saja waktu saya buat musik. nonton videonya dari windows media player?stucknya gmn?coba dijelaskan mungkin saya bisa bantu.

      Hapus
  21. mas udin, berarti faktor os yang kita install ada pengaruhnya juga ke vram yang diambil yah ? berati kalo saya downgrade os-nya ke xp, vramnya ada kemungkinan nambah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap anda benar sekali,karena win 7 menggunakan VRAM banyak untuk keperluan grafis yg memang memakan banyak memori,sedangkan xp dan vista tidak begitu banyak memakan memori untuk grafis. Tapi nggak usah downgrade os ke xp dari win 7. Bisa pake cara saya dlm artikel ini juga akan menambah VRAM.

      Hapus
  22. saya versi sblumnya xp, tpi bukan saya update. saya install ulang... gy mn caranya. mhon pencerhannya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya gimana yah? tolong diperjelas

      Hapus
  23. tetep ternyata mas WDDM 1.1 dan VRAM seting di PES 2012 64 MB
    sebelumnya saya mengunakan Win xp sp2 apa harus unistall dulu driver VGA yg wddm 1.1 dulu.. soal nya sudah mengikuti sama persis seperti yg di atas ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dibaca dengan baik artikel saya diatas?kalo sudah dicermati dengan baik-baik. Intinya kita hanya download old driver saja coba driver anda apa?bisa tuliskan disini? akan saya carikan drivernya

      Hapus
  24. udaah koq mas.. nah klo sekarang sebelumnya makkasih neeh mas pes 2012 udah bisa jalan download driver untuk vista.. tpi yang anehnya.. di dxdiag shared memory 358 MB... tapi di pes2012 hanya terdeteksi VRAM 128 MB, sehinga pes2012 hanya bisa di set sampe Medium gak bisa high, itu pun tetep lagh.. :D .. padahal dulu ketika pake winXP intal PES 2010 terdeteksi semua 358 MB... apanya yaa mas yang salah ?
    owh ia driver saya :
    Laptop Compaq 510
    ini yg udah VRAM jdi 128 MB mas :)

    Display Devices
    ---------------
    Card name: Mobile Intel(R) 965 Express Chipset Family
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip type: Mobile Intel(R) 965 Express Chipset Family
    DAC type: Internal
    Device Key: Enum\PCI\VEN_8086&DEV_2A12&SUBSYS_308A103C&REV_0C
    Display Memory: 358 MB
    Dedicated Memory: 0 MB
    Shared Memory: 358 MB
    Current Mode: 1366 x 768 (32 bit) (60Hz)
    Monitor Name: Generic PnP Monitor
    Monitor Model: unknown
    Monitor Id: LGD0251
    Native Mode: 1366 x 768(p) (59.636Hz)
    Output Type: Internal
    Driver Name: igdumdx32.dll,igd10umd32.dll
    Driver File Version: 7.15.0010.1652 (English)
    Driver Version: 7.15.10.1652
    DDI Version: 10
    Driver Model: WDDM 1.0
    Driver Attributes: Final Retail
    Driver Date/Size: 2/6/2009 09:56:02, 536576 bytes
    WHQL Logo'd: Yes
    WHQL Date Stamp:
    Device Identifier: {D7B78E66-6952-11CF-F875-8010ACC2CA35}
    Vendor ID: 0x8086

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda bisa download driver xp ini linknya http://downloadcenter.intel.com/Detail_Desc.aspx?agr=Y&DwnldID=18774&ProdId=2800&lang=eng sehingga di PES itu bisa disetting High walaupun memang kalo dimainkan lag tpi setidaknya bisa membantu

      Hapus
    2. perlu uninstal vga yg seblumnya ga yaa mass ?
      soalnya yg kmaren juga uninstall dulu driver yg di win 7 nya..

      Hapus
    3. udah di coba mass tapi gak bisa.. keluar tulisan.. :

      The driver being installed is not validated for this computer.
      please obtain the appropriate driver from the computer's manufacturer.

      setup will exit.

      Hapus
    4. waduh gak usah diuninstal dulu driver win7nya nanti malah gak akan bekerja.tetep aja ini downgrade drivernya doang gak usah diuninstal

      Hapus
  25. maaf ya, laptop saya berawal dari w7 stlah itu saya install ulang menjadi xp sp 2, trus tak install lg jadi w7 pro 32 bit,
    pas pake xp pes 2012 bisa saya mainkan dan pes 2010 bisa sy mainkan di w7 sya yang ultimate, tapi sekarang keduanya ndak bisa tak pake di laptop saya,,
    yang anda beritahukan sudah saya ikuti tp intelnya bilang ndak bisa,,, so gmn solusinya,,, tolong ya gan

    BalasHapus
  26. gan gimana caranya untuk meningkatkan vram tapi pake win 7 yang ori?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa coba cara saya diatas. karena saya belum pernah coba win7 yg ori tp kemungkinan caranya sama

      Hapus
  27. gan kalau sebelum pake win 7, ga pake windows apa-apaan gimana? tolong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya gimana?bawaan laptop windows 7?kalo itu tergantung drivernya

      Hapus
  28. alfiyan budianzah3 Maret 2012 18.25

    om aku uda ikutin semua yang tertulis diatas tapi tetep gk berubah VRAM nya gmn yah om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tuliskan bagaimana cara-cara anda?

      Hapus
    2. Bang setelah di coba ga ada perubahan sama lappy ane ,

      ane pengen maen PES 2012 lancar kebaca vRAM nya ,
      ada pencerahan ga bang kalo asal mulanya kan OS sebelum ane Install W7 Professional itu kan W7 Ultimate dulu ane instal , tapi di Troubleshoot nya ga ada pilihannya buat W7 . Sebelumnya pernah di instal pake XP SP2 sebelum ahirnya pake Ultimate , pas ane coba masukin Troubleshoot pake Windows XP SP2 , mulai ngerespon tuh udah restart terus tampilin kaya BIOS , tapi pas di cek di "dxdiag" masih tetep aja tuh bang WDDM 1.1 , terus ane masih penasaran maenin PES 2012 pas dicoba masih tetep sebelum masuk game ada pemberitahuan vRAM minimal harus 128MB , tapi yang ane di setting cuman kebaca 64MB ....

      Mohon Pencerahan bang :'-(

      Hapus
    3. Bang setelah di coba ga ada perubahan sama lappy ane ,

      ane pengen maen PES 2012 lancar kebaca vRAM nya ,
      ada pencerahan ga bang kalo asal mulanya kan OS sebelum ane Install W7 Professional itu kan W7 Ultimate dulu ane instal , tapi di Troubleshoot nya ga ada pilihannya buat W7 . Sebelumnya pernah di instal pake XP SP2 sebelum ahirnya pake Ultimate , pas ane coba masukin Troubleshoot pake Windows XP SP2 , mulai ngerespon tuh udah restart terus tampilin kaya BIOS , tapi pas di cek di "dxdiag" masih tetep aja tuh bang WDDM 1.1 , terus ane masih penasaran maenin PES 2012 pas dicoba masih tetep sebelum masuk game ada pemberitahuan vRAM minimal harus 128MB , tapi yang ane di setting cuman kebaca 64MB ....

      Mohon Pencerahan bang :'-(

      Hapus
  29. kalo saya mulanya pake OS W7 ultimate , sekarang jadi W7 Professional apakah akan berubah tuh bang vRAM nya ? atau malah error saya mau tanya dulu bang .

    terus kalo yang sebelumnya pake W7 ultimate driver yang di downloadnya yang Graphic Media Accelerator kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba drivernya apa dulu?bisa dituliskan?

      Hapus
  30. minta bantuan dong, ini kan laptop langsung pasang windows 7 ultimate-32 bit kenapa vram nya pas mau pake game cuma 64 mb?
    pake vga Intel(R) HD Graphich Family padahal approx total memory 802 mb.
    proc Intel(R)Pentium(R)CPU B960@2,20 GHz.

    minta bantu supaya vramnya jadi nambah tolong ya

    BalasHapus
  31. saya cuma mau berterimakasih aja ama si writer, cos hampir game-game saya gak jalan. semoga sobat pembaca lainnya bisa menyikapi tulisan ini dengan mencoba caranya bukan hanya bertanya saja. terimakasih

    BalasHapus
  32. eh, mas punya ane bawaan nya win7 home basic dan sekarang win7 ultimate..
    udah sy download yg drivernya vista dan xp tapi kok tetep gak bisa mas?
    mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  33. MAS LAPTOP SAYA MENGGUNAKAN WINDOWS 7 DARI AWAL ..
    APA BISA DI RUBAH VRAM NYA...?
    KARANA SAYA MEMPUNYAI MASALAH YANG SAMA...
    VRAM SAYA YANG TERDETEK HANYA 64 MB...
    TOLONG SOLUSINYA...

    BalasHapus
  34. gan kalo laptop baru nah tapi langsung instal os 7 64 bit bajakan gimana tuh?? kan sebelumny blom prnh nginstal apa"???

    BalasHapus
  35. gan..
    kata windowsnya drivernya saya udah lebih baru dari yg mau dijalankan,,
    apa gpp ya??

    trus klo udah finish apa w7 saya jadi XP lagi??

    BalasHapus
  36. gan saya udah coba ngikutin semua langkah2nya, tapi WDDM nya tetep versi 1.1 padahal saya udah download driver sesuai dengan chipset laptop saya.
    apakah ini artinya saya harus download driver vga xp, karena sebelumnya saya menggunakan windows xp?
    apakah ada efek apabila menggunakan driver tsb?
    mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  37. mas waktu di trubelshoot, kluar yes , ntah apa.. pkok nya di fix,, trs gak bsa instal drivernya gmna tuh

    BalasHapus
  38. bang kok pas saya mw download ada tulisa not found tolong pencerahanya ya bang master , plisss

    BalasHapus
  39. trimakasih banyak gan. semoga agan banyak pahalenye & masuk sorge karna udah bantuin ane & temen2 yg laen. buat yg belum berhasil silahkan berjuang terus....

    BalasHapus
  40. gan,ini windows nya bakal keganti seperti windows yg lama gk?
    ato misalnya saya pake win7,setelah pake cara ini bakal tetep win7?
    ato malah keganti ke windows sebelumnya?

    BalasHapus
  41. gan itu emang pas prosesnya jadi ngeblank ya? atau itu error?

    BalasHapus
  42. terima kasih udin...
    super sekali...

    BalasHapus
  43. ---------------
    Display Devices
    ---------------
    Card name: Mobile Intel(R) 4 Series Express Chipset Family
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip type: Mobile Intel(R) 4 Series Express Chipset Family
    DAC type: Internal
    Device Key: Enum\PCI\VEN_8086&DEV_2A42&SUBSYS_3607103C&REV_07
    Display Memory: 1325 MB
    Dedicated Memory: 64 MB
    Shared Memory: 1261 MB
    Current Mode: 1280 x 800 (32 bit) (60Hz)
    Monitor Name: Generic PnP Monitor
    Monitor Model: unknown
    Monitor Id: SEC4D42
    Native Mode: 1280 x 800(p) (59.994Hz)
    Output Type: Internal
    Driver Name: igdumdx32.dll,igd10umd32.dll
    Driver File Version: 8.15.0010.2281 (English)
    Driver Version: 8.15.10.2281
    DDI Version: 10
    Driver Model: WDDM 1.1
    Driver Attributes: Final Retail
    Driver Date/Size: 1/12/2011 09:10:22, 571904 bytes
    WHQL Logo'd: n/a
    WHQL Date Stamp: n/a
    Device Identifier: {D7B78E66-6902-11CF-657B-0D16A7C2C535}
    Vendor ID: 0x8086
    Device ID: 0x2A42
    SubSys ID: 0x3607103C
    Revision ID: 0x0007
    D3D9 Overlay: Supported
    DXVA-HD: Supported
    DDraw Status: Enabled
    D3D Status: Enabled
    AGP Status: Enabled

    Gan di dxdiag approx total memory saya kedetek 1325 mb, tapi di PES 2012 saya bacanya cuma 64mb. Dulu saya pakai windows XP, sebelum pakai win 7 sekarang ini. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  44. bos. . saya sudah ikutin artikel situ, terus tulisan WDDM versi 1.1 jadi unknown. apakah ini berhasil atau gagal, soalnya dulu maen PES 2011 vramnya kurang, sekarang file PES nya udah gw hapus jadi belom bisa nyoba. . mohon pencerahannya soal yg jadi UNKNOWN itu. .

    BalasHapus
  45. Gan kalo dari pertama ane pake windows 7 gimana bisa gak?

    BalasHapus
  46. mas bro laptop saya asus a42sd vx055
    vramnya 64 mb.. pas saya liat grafiknya itu intel(R) HD Graphics Family
    tapi saya liat di download cnter koq gak ada ya,, mohon pencerahannya....

    BalasHapus
  47. mas.. maksih buanget yua..
    artikel lu emank gokil + keren abis.. muantap tap tap tap ! ! !

    kang mas andri !

    BalasHapus
  48. Coba liat disini agan2, Trimz..
    http://semangattopan.blogspot.com/2012/05/cara-mengatasi-video-card-yang-hanya.html

    BalasHapus
  49. Gan laptop saya ber-OS Windows 7 Professional dari awal sampai sekarang. lah VRAM yang terbaca di PES2012 dkk itu cuma 64 MB (dedicated memory), apakah cara menaikkan VRAM sama kayak penjelasan agan diatas atau ada cara lain?. ini informasi Display saya

    Display Devices
    ---------------
    Card name: Intel(R) HD Graphics
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip type: Intel(R) HD Graphics (Core i3)
    DAC type: Internal
    Device Key: Enum\PCI\VEN_8086&DEV_0046&SUBSYS_FDD01179&REV_02
    Display Memory: 762 MB
    Dedicated Memory: 64 MB
    Shared Memory: 698 MB
    Current Mode: 1366 x 768 (32 bit) (60Hz)
    Monitor Name: Generic PnP Monitor
    Monitor Model: unknown
    Monitor Id: SEC3741
    Native Mode: 1366 x 768(p) (59.998Hz)
    Output Type: Internal
    Driver Name: igdumdx32.dll,igd10umd32.dll
    Driver File Version: 8.15.0010.2622 (English)
    Driver Version: 8.15.10.2622
    DDI Version: 10
    Driver Model: WDDM 1.1
    Driver Attributes: Final Retail
    Driver Date/Size: 1/10/2012 22:12:26, 581120 bytes
    WHQL Logo'd: Yes

    terima kasih untuk jawaban agan.
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  50. maap gan ane mw nanya nnih, saya ingin main game PES 2012 di laptop saya(Ram 3 GB), dulunya bisa,, nah skrg gitu di install ulang karna terinveksi virus kok jadi unable GPU sama Vramnya... laptop saya toshiba satellite L630.. mohon dicerahin gan laptop ane

    BalasHapus
  51. thank's bang that's work

    BalasHapus
  52. maaf bang udin, mau numpang tanya. ini leptop saya baru 1x install win 7 ultimate. vram yg detect cuma 64mb. apakah ada cara buat naikin vram nya? berhubung saya baru 1x pake o.s. gak ada o.s sebelumnya.

    BalasHapus
  53. AH RUSUH YANG ADA MALAH RUSAK TOLOL ILANG DRIVER GW

    BalasHapus
  54. AH CACAD GOBLOK MALAH ILANG DRIVERNYA TOLOL

    BalasHapus
  55. om artinya gini ya kita dowload driver windows yg pertama di instal ato gmn ya?

    BalasHapus
  56. gan saya punya lepi toshiba nb 305 tapi saya sudah sering install ulang , sebelum tau caranya rescovery .. . saya pernah pakai windows 7 ultimate abis tu ke xp profesional abis tu saya menggunakan windows bawaan yaitu windows stater . .
    di dxdiag saya melihat WDDM 1.o. . driver saya . .
    apakah bisa saya meningkatkan menjadi WDDM 1.1 . .?
    dan minta pencerahan tentang resolution gan . . soalnya lepi saya yang menggunakan windows bawaan tidak ada resolution 640x480 32bit .. yang ada cuma 640x480 16bit. . sewaktu saya pakai xp , terdapat 2 list modex yaitu 640x480 16bit dan 640x480 562 color. .
    yang apa yang seharusx saya lakukan shingga saya bisa memaenkan game 640x480 di lepi saya. .
    mohon jawabanx dikirim di imail saya . .
    Budi_astra@ymail.com
    thankz n salam kenal

    BalasHapus
  57. thank's gan,, cara d atas ampuh banget,, sehingga q dapat ngemainin game PES 2012 :)thank's yahhh :)

    BalasHapus
  58. gan, kalo program sebelumnya linux gmana?

    BalasHapus
  59. gan, laptop ane windows7 pas ane beli, itu VRAMnya bisa d tambah gg??

    BalasHapus
  60. bgaimana kalau spesifikasi lepiQ..

    Acer Intel HD Grapich
    RAM 4 GB
    GPU.. P. shader 3.0
    VRAM 128 MB..
    di win 7...
    apabila di instal win XP.. apakh VRAMnya akan naik jdi 512??
    mohon bantuannya...
    tQ..

    BalasHapus
  61. GOBLOK CACAD TOLOL KLO LAPTOP DARI SANA UDH WINDOWS 7 GKBISA LAH AUTIS DASAR ARTIKEL CACAD GK BISA TANGGUNG JWB SOLUSI

    BalasHapus
  62. Tolong ya artikel saya dibaca bener bener soalnya saya gak bisa bales satu persatu, kalo bingung bisa tanya di FB. Kalo udah asli windowns 7 nggak bisa di downgrade lagi drivernya. Di sini yang saya share cuma buat pengguna xp atau vista yang upgrade ke win 7.

    BalasHapus
  63. saya biasa main PES2010, PC saya RAM 1GB VGA Ati Radeon 9600 series 256 GB
    namun tidak bisa main PES2012 status VRAM Unable. bagaimana solusinya ?
    thanks
    (ECHO)

    BalasHapus
  64. om,laptop ane di lengkapi VGA nvidia geforce 610m 1gb dedicated..
    nah, pas maen gane pes 2012 ke detectnya malah intel hd..padahal di nvdia setting udah di switch ke nvidia grapichnya...
    biar bisa ke detect nvidia nya gimna om..???

    BalasHapus
  65. bang tolongin ane, ane pake Windows 7 *64 bit, dengan VGA Intel HD Ghrapics Family, tpi di pes 2012 cuma kebaca 64 mb vganya sedangkan di dxdiag kebaca 784mb, gmna tuh. tolong cariin drivernya ya bang udin, ane perlu banget nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. senasib sama ane gan

      Hapus
    2. itu vga nya 64 mb,, klo yg 784mb itu setau saya cuma grapic nya aj,, tetep acuannya vga yg 64 bit itu yg utama,, klo pake pc mending upgrade vganya jd 512 mb aj

      Hapus
  66. Para pembaca dicoba dulu, tapi jangan menyulitkan. kalau para pembaca tidak mau repot, setidaknya aada usaha merogoh kocek untuk membeli komputer khusus game.
    Thanks

    BalasHapus
  67. sy dah coba smua carax,,, v sy menemui masalah di langkah terakhir. saat sy start program ada tulisan error muncul. masalahnya apa ya...?

    BalasHapus
  68. gan bantu ane wajib, spec laptop ane :
    pentium (R) dual core, Graphic mobile intel (R) 4 series Express chipset family 782.54 MB, RAM 2 GB.
    main FIFA udah di pake d3dovrider, riva tuner, advanced system care, pake game booster pula kok main FIFA 2012 masih lag?
    bantuin gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo laptop spek minim buat main game berat ngelag gan, apalagi kalo laptop itu lebih cepet panas daripada PC. Kalo laptop udah panas biasanya maen game beberapa menit habis itu ngelag

      Hapus
  69. gan saya punya masalah.
    pertama sebelum install windows 7 ultimate.
    video adapter:nvidia goforce with cuda,videos RAM 94m mb.
    tetapi setelah instal ulng windows eh malah video adpaternya:Tnp......
    video RAM menjadi 0.
    tolong pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane jg sama kyk agan kaget jadi 0 mb
      tapi
      ane lihat di pes setting [ ane maen pes ]
      VRAM ane nambah jadi 256 mb

      Hapus
    2. sebelum pake windows 7 ultimate pake apa gan? biasanya kalo xp atau vista diupgrade ke win 7 VRAMnya pasti turun gan, soalnya dihisap sama grafis win 7 yang memang memakan sebagian VRAM

      Hapus
  70. Gan.. Laptop ane Toshiba, trus VGA nya 512 ATI RADEON 4500, tetapi sewaktu di check di setup PES 2012 cuma kebaca 256.. solusinya gimana Gan.. Mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusi apa ya gan? VGA sama VRAM itu beda gan, bukan berarti VGA 512 VRAMnya juga 512

      Hapus
  71. mas maaf, kalo cara ke-2 yg install drivernya bagaimana ya? saya kurang ngerti tahap2 buka ke "troubleshooting compatibility" mohon mas bantuannya.
    Oh ya, display adapter saya : Mobile Intel(R) 4 series express chipset family dan RAM saya 2 GB. saya jg ingin main PES12 tapi gabisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik kanan di driver yang udah di download terus pilih troubleshoot compatibility

      Hapus
  72. mas maaf saya kurang ngerti sama cara ke 2 yg nginstall drivernya yg "troubleshooting compatibility" itu gmn caranya ya, mungkin butuh proses yg lbh detail. adapter saya mobile intel(R) 4 series chipset family. RAM 2 GB. mohon bantuannya

    BalasHapus
  73. gan kok malah "Incompatible Application"?? saya udah bisa trobleshootnya tp saya lupa OS sebelum install win7 tuh apa? bisa kasih tau ga gan? adapter saya Mobile intel(R) 4 series express chipset family, trus pas donlot driver pake intel graphics media accelerator bisa gak?? plis

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti yang didownload salah itu gan, lah agan sebelum instal win 7 itu instal win xp ato win vista? win7 itukan diupgrade kalo dari xp/vista

      Hapus
    2. yg cara ke 4 masih bingung, sebelumnya xp. saya bingung pas search nya kan menurut yg agan tulis nama driver yg ada di adapter. nah, yg keluar tetep yg chipset tp kan yg harus di donlot yg xp (kalo sebelumnya xp)

      Hapus
  74. maaf gan, saya lupa sebelum pake win7 itu pake apa OS. mohon bantuannya

    BalasHapus
  75. makasih ya vram saya telah bertambah menjadi 256 mb, sebelumnya saya mau tanya jika saat menginstal, layar dekstop jdi gelap. Kemudian saya matikan(shutdown) dan dinyalakan kembali vram saya telah normal apakah saya mematikan (shutdown)tadi tidak bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya nggakpapa gan, itu di hard shutdown kan? jangan sering-sering hard shutdown nanti cepet rusak gan

      Hapus
  76. Saya mau nanya nih,VGA saya ATI Radeon 128 MB, tapi saya ingin main FIFA 12 di laptop saya. Minimal requirement untuk graphicnya 256 MB... apa ada solusi agar saya bias main game ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buat AMD saya belum pernah coba gan, mungkin agan bisa utak-atik diwebnya AMD http://www.amd.com/sg/Pages/AMDHomePage.aspx

      Hapus
    2. gag enak tu FIFA 12

      Hapus
  77. ga je ni :@:@:@:@:@ sama aja boong

    BalasHapus
  78. bro aku mau nanya ne, kalao vram di upgrad dari bios kira2 bermasalah gk dgn laptop'a, krn aku win7 dr awal beli lptop'a,klo bs tolong di balas ke acuwawu@gmail.com ya,, trimakasih sblumnya...

    BalasHapus
  79. gan, kalau laptop yang memang sudah win7 pas dibeli,, ubah vganya gimana?

    BalasHapus
  80. gan kok ane pas di start program kenapa ya ada peringatan gini this computer does not meet the minimun requirements for installing the software
    laptop ane acer 4738 intel core i3 driver intel HD grapichs
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  81. nanya ni gan,ane udh coba cra diatas dan berhsil...tpi kog AERO nya ga suport ama driverny??????

    mhon penjlasany...

    BalasHapus
  82. Saya coba langkah di atas kok gak bisa ya ?
    Ini spesifikasinya
    Operating System: Windows 7 Enterprise 32-bit (6.1, Build 7600) (7600.win7_rtm.090713-1255)
    Language: Indonesian (Regional Setting: Indonesian)
    System Manufacturer: Hewlett-Packard
    System Model: Compaq Presario CQ40 Notebook PC
    BIOS: Default System BIOS
    Processor: Pentium(R) Dual-Core CPU T4200 @ 2.00GHz (2 CPUs), ~2.0GHz
    Memory: 2048MB RAM
    Available OS Memory: 2012MB RAM
    Page File: 1247MB used, 2776MB available
    Windows Dir: C:\Windows
    DirectX Version: DirectX 11
    DX Setup Parameters: Not found
    User DPI Setting: Using System DPI
    System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
    DWM DPI Scaling: Disabled
    DxDiag Version: 6.01.7600.16385 32bit Unicode

    Card name: Mobile Intel(R) 45 Express Chipset Family (Microsoft Corporation - WDDM 1.1)
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip type: Mobile Intel(R) 4 Series Express Chipset Family
    DAC type: Internal
    Device Key: Enum\PCI\VEN_8086&DEV_2A42&SUBSYS_3607103C&REV_07
    Display Memory: 781 MB
    Dedicated Memory: 32 MB
    Shared Memory: 749 MB
    Current Mode: 1280 x 800 (32 bit) (60Hz)
    Monitor Name: Generic PnP Monitor
    Monitor Model: unknown
    Monitor Id: SEC4D42
    Native Mode: 1280 x 800(p) (59.994Hz)
    Output Type: Internal
    Driver Name: igdumd32.dll,igd10umd32.dll
    Driver File Version: 8.15.0010.1749 (English)
    Driver Version: 8.15.10.1749
    DDI Version: 10
    Driver Model: WDDM 1.1
    Driver Attributes: Final Retail
    Driver Date/Size: 7/14/2009 08:15:31, 3805184 bytes
    WHQL Logo'd: Yes
    WHQL Date Stamp:
    Device Identifier: {D7B78E66-6902-11CF-5975-0D16A7C2C535}
    Vendor ID: 0x8086

    BalasHapus
  83. gan ane mw tanya nih, , spec laptop ane core i7, ram 4 gb, vga 2 gb...nah di display adapter ane ada 2 adapter : ada Intel(R) HD Graphics Family sama NVIDIA GeForce GT 525M.

    Nah pas mw maen PES 2012 kq VRAM ane cuma ke baca 64 MB, itu knapa?

    trus trik2 agan di blog ini udah ane ikutin semua, tapi blm bisa ngubah VRAM ane.

    pas ane ikutin langkah ke 5 yg bagian utk nginstall, laptop ane bilang "This computer does not meet the minimum requirements for installing software" , itu knapa ya ? soal laptop ane itu onboard jadi OS nya di install lsg dari pabrik.

    Mohon bgt gan pencerahannya.

    BalasHapus
  84. gan laptop ane

    compaq presario cq40 653 tu

    procie; intel dual core t4300 @2,1 ghz
    ram ; 2 gb
    graphic; mobile intel 4 series chipset

    kok pas ane dh download driver bekas xp sp2 dlu ttp aja ada bacaan this computer does not meet minimum requirements for instaling software padahal udh donload driver xpny

    BalasHapus
  85. Gan... ane Mohon bgt pencerahannya...
    yang agan maksud "upgrade" itu apa berupa uprgade langsung..
    misalnya dari xp langsung ke win7..
    atau misalnya ane pertama pake xp... trus ane hapus bersih xpnya.. instal ulang lg dengan win7...
    karena ane pake acer 4741z yang CD driver nya ada untuk xp,vista, n win7..
    dan apakah sistem operasi 32bit(x86) dan 64bit itu jg mempengaruhi..??
    contoh.. kalau pertama pake vista 64 maka win7 jg harus 64..
    mohon bgt dibalas gan..

    BalasHapus
  86. omm mau nanya nih,, windows saya masih windows 7 starter 32bit RAM 2GB,, nah saya mw nambah 4gb sehingga nanti mnjadi 6GB,, solusinya mw install windows 7 64bit dulu atau menambah RAM yg 4GB dahulu,, minta pnjelasannya yg detail om,,atau jg bisa kedua" cara tersebut untuk cara pengupgrade'an tsb..

    BalasHapus
  87. mas udin saya mau nanya dong...
    laptop saya Tshiba satellite L630, waktu itu di downgrade VGAnya krn buat maen PES. semakin kesini kok grafis laptop saya malah kacau ya? nyetel video mp4 aja terasa berat, segala macam software grafis terasa lagging dah patah2, dan browsing serasa kek narik gerobak. ini ada hubungannya gak? trs saya pengen balikin ke semula caranya gmn ya mas? mohon pencerahhannya... thankssss

    BalasHapus
  88. ane mw tanya nih, , spec laptop ane core i7, ram 4 gb, vga 2 gb...nah di display adapter ane ada 2 adapter : ada Intel(R) HD Graphics Family sama NVIDIA GeForce GT 525M.

    Nah pas mw maen PES 2012 kq VRAM ane cuma ke baca 64 MB, itu knapa?

    trus trik2 agan di blog ini udah ane ikutin semua, tapi blm bisa ngubah VRAM ane.

    pas ane ikutin langkah ke 5 yg bagian utk nginstall, laptop ane bilang "This computer does not meet the minimum requirements for installing software" , itu knapa ya ? soal laptop ane itu onboard jadi OS nya di install lsg dari pabrik.

    Mohon bgt gan pencerahannya.

    BalasHapus
  89. Om Udin, kok laptop ane buat PES 2012 & 2013 g bisa yah, nanti kalo baru ngisi "avatar" keluar Notice " PES2012 Has Stopped working" laptop Asus A42F Spesifikasi :


    Name : Intel (R) HD Graphics
    Manufacturer :Intel (R) Corporation
    Chip Type : Intel (R) HS Graphics
    DAC Type : Internal
    Approx. Total memmory : 758 MB
    Processor : Intel(R)Core(TM)i3CPU
    Memory : 2048MB RAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama banget nih kaya ane

      Hapus
    2. sama persis, gimana udh bisa kah? mhn bantuannya

      Hapus
  90. kan udah ngikutin cara yang diatas tuh,kok drivernya ga berubah juga ya?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  91. Gan gmn klo Mobile Intel (R) Exspress Chipset Family tolong gan..

    BalasHapus
  92. Thanks banget infox gan....
    skrg gue udh bisa maen pes 2012 meskipun masih ram 1 gb
    skrg vga gue nambah yg semula hanya 64 MB skrg jdi 512 MB

    BalasHapus
  93. mantep gan infonya.. ijin nyoba gan

    BalasHapus
  94. gan kalo ane tulisannya intel(R) graphics media accelerator hd, itu bisa kaga gan? ane masih agak bingung di cara ke 4

    BalasHapus
  95. gan gmn cranya nmbahin vran pda win 7
    apa cranya sama

    BalasHapus
  96. gan, nge balikin jadi kayak semula lagi gimana?

    BalasHapus
  97. permasalahan yang sama vram 64 mb,bingung,dan pasrah.

    BalasHapus
  98. ADMIN ni buat LAPTOP bisa engga?

    BalasHapus
  99. ------------------
    System Information
    ------------------
    Time of this report: 11/21/2012, 23:22:47
    Machine name: BAGUSRAHMAKP
    Operating System: Windows 7 Ultimate 32-bit (6.1, Build 7601) Service Pack 1 (7601.win7sp1_gdr.110622-1506)
    Language: Indonesian (Regional Setting: Indonesian)
    System Manufacturer: Acer
    System Model: AO531h
    BIOS: InsydeH2O Version v0.3206
    Processor: Intel(R) Atom(TM) CPU N280 @ 1.66GHz (2 CPUs), ~1.3GHz
    Memory: 2048MB RAM
    Available OS Memory: 2036MB RAM
    Page File: 1195MB used, 8888MB available
    Windows Dir: C:\Windows
    DirectX Version: DirectX 11
    DX Setup Parameters: Not found
    User DPI Setting: Using System DPI
    System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
    DWM DPI Scaling: Disabled
    DxDiag Version: 6.01.7601.17514 32bit Unicode

    ------------
    DxDiag Notes
    ------------
    Display Tab 1: No problems found.
    Sound Tab 1: No problems found.
    Input Tab: No problems found.

    --------------------
    DirectX Debug Levels
    --------------------
    Direct3D: 0/4 (retail)
    DirectDraw: 0/4 (retail)
    DirectInput: 0/5 (retail)
    DirectMusic: 0/5 (retail)
    DirectPlay: 0/9 (retail)
    DirectSound: 0/5 (retail)
    DirectShow: 0/6 (retail)

    ---------------
    Display Devices
    ---------------
    Card name: Mobile Intel(R) 945 Express Chipset Family
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip type: Intel(R) GMA 950
    DAC type: Internal
    Device Key: Enum\PCI\VEN_8086&DEV_27AE&SUBSYS_022C1025&REV_03
    Display Memory: 256 MB
    Dedicated Memory: n/a
    Shared Memory: n/a
    Current Mode: 1024 x 600 (32 bit) (60Hz)
    Monitor Name: Generic PnP Monitor
    Monitor Model:
    Monitor Id:
    Native Mode:
    Output Type:
    Driver Name: igxprd32.dll
    Driver File Version: 6.14.0010.4926 (English)
    Driver Version: 6.14.10.4926
    DDI Version: 9
    Driver Model: unknown
    Driver Attributes: Final Retail
    Driver Date/Size: 2/15/2008 13:12:00, 57344 bytes
    WHQL Logo'd: Yes
    WHQL Date Stamp:
    Device Identifier: {D7B78E66-64EE-11CF-AB60-2622A2C2CB35}
    Vendor ID: 0x8086
    Device ID: 0x27AE
    SubSys ID: 0x022C1025
    Revision ID: 0x0003
    Driver Strong Name: Unknown
    Rank Of Driver: Unknown
    Video Accel:
    Deinterlace Caps: n/a
    D3D9 Overlay: n/a
    DXVA-HD: n/a
    DDraw Status: Enabled
    D3D Status: Enabled
    AGP Status: Not Available
    gan, aneh gan. ane dah ngikutin cara di atas. masa Display Memory: 256 MB
    Dedicated Memory: n/a
    Shared Memory: n/a
    ??????? n/a ????????

    BalasHapus
  100. Gan,, gimana nih.....
    sya udah nge download driver adaptorx tpi malah incompatible aplication ni gan...

    Nih specification Laptop ane...
    Acer 4738
    Intel(R) HD Graphics
    RAM 4 Gb
    VRAM 127

    ane skrang pake Win7...
    mohon bantuannya y gan.... :)
    klo boleh sih... cepet... hehehehehe :p

    BalasHapus
  101. gan, tips ini hanya berlaku untuk win xp upgrade ke win7 ???
    .. soalnya saya langsung pke win7 tanpa install os lain sebelumya !!
    gmna gan???

    tolong bantu permasalahan nya ??

    BalasHapus
  102. laptop saya kan toshiba L630 cuma 1 gb kalo mau instal photoshop mesti nambah RAM ya? terus kalo mau tau keaslian windows saya gimana ya ?? thx

    BalasHapus
  103. ah , cara ini sepertinya nggak ampuh, mendingan pakai 3d anylze

    BalasHapus
  104. klo spec pc/laptop pas-pasan, VRAM pd Win 7 bs diganti (overclock) aja di bios nya gan, ane udah nyoba, bisa kok, awalnya 64mb skrg udh 128mb, trus pd selector harap diturunkan aja resolusi jd 1204 by 768 (4:3) option low..tampilan pas-pasan yg pnting maen lah..

    BalasHapus
  105. GAN, SAYA EMNAG DASAR.A UDAH PAKE WIN 7..... GA BISA CARA DIATAS..


    MOHON PENCERAHA.A ?

    BalasHapus
  106. gan saya dah ikutin cara diatas tapi vram nya tetep 64mb gimana tuh caranya gan..??

    BalasHapus
  107. gan kalo sudah di klik kanan trus plih troubleshoot compatibility trus nongol bacaan
    "An error occured whlie troubleshooting :
    an unexpected error has occured. the troubleshooting wizard can't continue" itu knp gan?

    BalasHapus
  108. gan yang saya laptopnya gini apa bisa
    Mobile Intel(R)45 EXPRESS CHIPSET FAMILY

    BalasHapus
  109. Gan, cara download versi zip nya gimana? kan file yg mau di download cuma 1 aja yg muncul, saya buka kan, terus saya klik download dia langsung yg exe nya. waktu mau di instal ada virus nya, jadi gak bisa ngeinstall. Ini gimana gan, Mohon Dibantu ya.

    BalasHapus
  110. mas sy dah coba langkah2 na smpe selesai tpi
    kok gk ngubah ya vram na tetap 128mb,awalna sy pke vista home premium
    ni spec laptop sy
    Graphics
    --------------------------------------------------------------------------------

    Display adapter type ATI Mobility Radeon X2300
    Total available graphics memory 895 MB
    Dedicated graphics memory 128 MB
    Dedicated system memory 0 MB
    Shared system memory 767 MB
    Display adapter driver version 8.561.0.0
    Primary monitor resolution 1280x800
    DirectX version DirectX 9.0 or better
    WDDM: 1.0
    tlong di bantu ya mas, makasih..

    BalasHapus
  111. Lah, ,mas, kok pas anee instaLL yg biasanya muLus2 saja skarang tidak jaLan2 instalasi drivernya?? udah sejam saya tungguin, windows isntalasinya tidak bergerak2 dan notifikasi untuk restart pun tidak muncul2, padahal sebelumnya tidak makan waktu lama buat install drivernya neh,,.!!

    BalasHapus
  112. compaaq cq40 saya standar vga grapich adaptor vram n/a gmana gan

    BalasHapus
  113. gak muncul di display adapternya
    yg ada cuman intel(R) graphic family sama NVIDIA Geforce 610
    please tell me why....????

    BalasHapus
  114. buat 64 bit bisa gak gan ? mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  115. buat 64-bit bisa ga gan ? mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  116. Gan mohon bantuannya
    setelah no 4 keluar bagian mana yang di download
    keluarnya begini
    1 result(s) matching:

    Graphics + Laptop graphics drivers + Intel® Pentium® Processors with Intel® HD Graphics + Drivers sorted by relevance
    Display results per page:

    Sort by
    Relevance
    Date
    Status

    Title Date Version Status Type
    Intel® HD Graphics for Intel® Pentium® and Celeron® Processors with Intel® HD Graphics

    Intel® HD Graphics Driver for Intel® Core™ Processors with Intel® HD Graphics

    OS: Windows 7 *, Windows 7 (32-bit)*, Windows 7 (64- .. More> Windows 7 *, Windows 7 (32-bit)*, Windows 7 (64-bit)*, Windows 7 Enterprise, 32-bit version*, Windows 7 Enterprise, 64-bit version*, Windows 7 Home Basic, 32-bit version*, Windows 7 Home Basic, 64-bit version*, Windows 7 Home Premium, 32-bit version*, Windows 7 Home Premium, 64-bit version*, Windows 7 Professional, 32-bit version*, Windows 7 Professional, 64-bit version*, Windows 7 Starter Edition*, Windows 7 Ultimate, 32-bit version*, Windows 7 Ultimate, 64-bit version*, Windows 7(RC1, 32-bit)*, Windows 7(RC1, 64-bit)*, Windows 8*, Windows 8, 32-bit*, Windows 8, 64-bit*, Windows Vista *, Windows Vista 32*, Windows Vista 64*, Windows Vista Business, 32-bit version*, Windows Vista Business, 64-bit version*, Windows Vista Enterprise, 32-bit version*, Windows Vista Enterprise, 64-bit version*, Windows Vista Home Basic, 32-bit version*, Windows Vista Home Basic, 64-bit version*, Windows Vista Home Premium, 32-bit version*, Windows Vista Home Premium, 64-bit version*, Windows Vista Starter, 32-bit version*, Windows Vista Ultimate, 32-bit version*, Windows Vista Ultimate, 64-bit version*, Windows Vista(Beta 1)*, Windows Vista(RC2)*, Windows XP *, Windows XP Home Edition*, Windows XP Media Center Edition*, Windows XP Professional x64 Edition*, Windows XP Professional*, Windows XP 64-Bit Edition Version 2003*, Windows XP 64-Bit Edition*, Windows XP Starter Edition*, Windows XP Tablet PC Edition*, Windows XP(Longhorn Beta 1)*


    3

    BalasHapus
  117. gan, ane kan seblm pake windows 7 professional 32bit kan pake windows 7 profesional yg 64bit, trs gmn nih? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  118. gan laptop ane toshiba L730 VGA gue aslinya Intel(R) HD Graphics Family terus gue update jadi Intel(R) HD Graphics 3000..terus gmana cara nambah dedicate memory nya supaya jadi 128 mb ?



    Display Devices
    ---------------
    Card name: Intel(R) HD Graphics 3000
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip type: Intel(R) HD Graphics Family
    DAC type: Internal
    Device Key: Enum\PCI\VEN_8086&DEV_0116&SUBSYS_FCC01179&REV_09
    Display Memory: 1190 MB
    Dedicated Memory: 64 MB
    Shared Memory: 1126 MB
    Current Mode: 1366 x 768 (32 bit) (60Hz)
    Monitor Name: Generic PnP Monitor
    Monitor Model: unknown
    Monitor Id: SEC3254
    Native Mode: 1366 x 768(p) (60.031Hz)
    Output Type: Internal
    Driver Name: igdumd32.dll,igd10umd32.dll,igd10umd32.dll
    Driver File Version: 9.17.0010.2932 (English)
    Driver Version: 9.17.10.2932
    DDI Version: 10.1
    Driver Model: WDDM 1.1
    Driver Attributes: Final Retail
    Driver Date/Size: 12/12/2012 16:41:38, 11049472 bytes
    WHQL Logo'd: Yes
    WHQL Date Stamp:
    Device Identifier: {D7B78E66-4256-11CF-BD79-CADCB7C2C435}

    BalasHapus
  119. THX gan berhasil
    sm mau tanya apa fungsi Approx total sama Vram berhubungan
    Approx total sy 752 mb dan Vram 258 mb kok beda ya

    BalasHapus
  120. bang kok kagak jawab bang??
    tolong donk, ane punya laptop acer 4732z apakah ntuh vramnya emang 64mb atau lebih karena udah laptop lama masalahnya., tapi law mau maen pes 2012 ataw 2013 cuma bisa masuk mpe formation pemain aja, pas mau tanding udah ngadat,. pencerahannya donk,.
    os sebelumnya di laptop anee ini xp, kagak tau xp sp berapa cuz belum ngerti waktu itu, sekarang udah pake win 7 sp 1 32bit,,
    speknya kurang lebih gini:
    proci=> Intel (R) Pentium (R) Processor T4400
    vga=> Intel (R) GMA 4500M
    Chipset=>Mobile Intel (R) 4 Series Express Chipset Family

    bantuin dong anee pengen banget neh maen pes yang terbaru.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuman Ganti Di BIOS aja Bisa Di jadiin 128 mb
      tinggal buka northbridge chipset lalu ganti jadi 128 MB (AMI BIOS)

      Hapus
  121. Gan,, kenapa yah PAS ane mainin PES 2012,
    terus Not responding pada saat Pembuatan Avatar

    Terus ane ke Setting PES 2012 nya ,, Vram nya cuma ke detect 64 MB

    itu gimana gan biar ke detect 128 MB >???

    BalasHapus
  122. punya saya display adapternya : Mobile Intel(R) 4 Series Express Chipset Family
    yg mana link downloadnya gan?? mohon pencerahan!!

    BalasHapus
  123. kk bisa bntuin driver buat intel(R) HD Graphics gk ketemu ya bisa tolong di kasi drivernya gk ya kk mohon bantuannya. terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  124. Mas Punya Saya punya masalah waktu membuka resident evil 6
    waktu mao mulae maen sih bisa tapi udah masuk sesi permainan langsung kluar "IGXPRD32 Stop Working Normally"

    Spek Compi:Processor intel corei3
    RAM 2046 MB
    VGA 256MB (Saat Masih Windows7 814MB)
    OS Windows XP
    MotherBoard Vaiko
    BIOS AMI

    BalasHapus
  125. semuanya udah diinstall .. tutorial udah sama dengan yg di pandu oleh agan, tapi kok masih tetep WDDM .1.1 .. tutorial udah sama persis

    BalasHapus
  126. Saya udah ikutin tutorial diatas, tapi tetep aja gk bisa,

    BalasHapus
  127. gan, kok ngk support?

    BalasHapus
  128. gan laptop saya langsung windows 7 pertama instal ,, bisa gak di instal driver grapic windows vista?

    BalasHapus
  129. gan knp y pas ane main Winning Eleven 2009 kok selalu crash seperti komputer ngehang terus perangkat hardware seperti keyboard sama mouse ga bisa dijalankan sama sekali.. bisa tolong kasih tau caranya ga gan????
    *ane pake kompi WinXP pentium 4 RAM 894 MB VRAM 128.0 MB sama pake ATI Mobility IGP 9100*

    BalasHapus
  130. bang saya pengen main PES 2013
    laptop ane :intel core 2 duo
    RAM :2048mb
    curent display mode :1028 x 768 (32bit)
    drive model : unknown
    GMNANE??

    BalasHapus
  131. Mas klo buat laptoku download tin dong soalnya gk bisa
    Processor:Intel(R) Pentium(R) processor T4200
    Name VGA:Mobile Intel(R) 4 Series Express Chipset Family
    Windows XP

    BalasHapus
  132. Mas downladtin dong soalnya kgk bis terus
    Processor:Intel(R) Pentium(R) processor T4200
    Nama VGA:Mobile Intel(R) 4 Series Express Chipset Family
    Windows XP

    BalasHapus
  133. gan, kok page out pas download di intel.com nya ?
    processor:Intel(R) Core (TM) i3-2310M CPU
    vga : Intel(R) HD Graphics Family
    Windows 7

    mohon pencerahannya gan.. :)

    BalasHapus
  134. gan punya ane windows 7 bawaan gan dari sononye,jadi nih gimana caranya buat windows 7,yg bukan hasil upgrade

    BalasHapus
  135. gan kok yang saya error opraning system not suppoty ya. mohon bantuanyya

    BalasHapus
  136. kok saya gak bisa masuk ke downloadcenter.intel.com/‎ ?? ada solusinya ???

    BalasHapus
  137. untuk install graphic exe di troubleshoot program nya kn harus pilih OS yg di pke sbelumnya, nah klo dari awalnya memang udh windows 7 gmn gan? bls

    BalasHapus
  138. gan saya punya laptop lenovo G470
    kalau fifa 13 bisa ngx dimainkan
    win 7 ultimate 32 bit
    prosesor intel(R) core(TM) i3-2350M CPU @ 2.30 GHz 2.30 GHz
    RAM 4.00 GB
    intel HD graphics family
    chip :intel(R) HD graphics family
    DAC :Internal
    adapter string :intel(R) HD graphics 3000
    Bios Information :intel video Bios

    Total Available Graphics Memory :1316 Mb
    Decated video Memory : 64 Mb
    system video Memory : 0
    Shared system Memory : 1252

    and cara nambah vga nya gmna gan mhon pencerahannya.......?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk melihat apakah spesifikasi laptop anda bisa memainkan game yang anda inginkan silahkan klik link ini http://systemrequirementslab.com/

      Hapus